Sekolah Gratis


        Sebagai bentuk dukungan yayasan bagi masyarakat di bidang pendidikan, Yayasan Pelita Klabat Indonesia memutuskan untuk tidak memungut biaya pendidikan bagi 4 lembaga pendidikan yang ada di bawah Yayasan Pelita Klabat Indonesia yaitu :

1. SMA Pelita

2. TK Pelita Kawanua

3. PKBM Pelita Klabat (Paket A,B,C - Setara SD, SMP, SMA)

4. PKBM Grace di Minahasa (Paket A,B,C - Setara SD, SMP, SMA)

        Khusus SMA Pelita, yayasan menyediakan asrama bagi yang datang dari jauh. Siswa cukup datang ke sekolah, menyediakan perlengkapan sekolah yang dibutuhkan, belajar dengan sungguh-sungguh dan mengikuti disiplin sekolah. Sekolah menerapkan disiplin yang ketat untuk membentuk kepribadian siswa yang berkarakter dan bertanggung jawab.

        Siswa-siswa juga bukan hanya belajar berbagai pengetahuan tetapi mereka juga di latih fisik, mental dan spiritualnya. Siswa-siswa dibiasakan melakukan berbagai aktifitas secara terjadwal, mulai dari bangun pagi sebelum pukul 5.00 pagi, renungan pagi, renungan malam, bacaan Alkitab harian setiap malam, semua terjadwal dan semua ada bagiannya termasuk untuk memasak, membersihkan asrama dan sekolah, membersihkan wc/kamar mandi, menanam sayuran di kebun sekolah. Mereka juga dilatih public speaking dan memimpin.

        Kegiatan-kegiatan ibadah harian dan mingguan semua yang ambil bagian termasuk berkhotbah di sekolah dan di dua jemaat tetangga adalah para siswa.

        Selain ibadah pagi dan malam, para siswa juga mengikuti ibadah rabu malam, ibadah jumat malam, ibadah sabat, ibadah PA dan setiap hari minggu ke gereja-gereja GMIM, GPDI, Katolik, Betel, dll.