Kepala Sekolah SMA Pelita Diskusi Dengan Kepala Desa Pulisan - Bernhar Djarang



Minggu sore tanggal 28 Mei 2023, Kepala SMA Pelita Herschel Najoan, berkunjung ke rumah kepala desa Pulisan Bernhar Djarang. Kunjungan kepala sekolah ini adalah kunjungan kedua kali setelah sebelumnya tidak sempat bertemu dengan kepala desa.

Kunjungan kali ini dimanfaatkan kepala sekolah SMA Pelita berdiskusi dengan kepala desa (hukum tua) untuk membicarakan program yang akan dijalankan di desa Pulisan. Program dimaksud oleh SMA Pelita dinamakan program Pelajar Peduli Masyarakat (P2M). Program ini adalah program yang mirip dengan KKN untuk mahasiswa di mana para siswa akan diterjunkan di masyarakat dan akan bekerjasama dengan warga masyarakat untuk meningkatkan berbagai program pengembangan. Beberapa program yang sudah dibicarakan dengan hukum tua di antaranya :
1. Pelatihan Tanggap Bencana untuk warga desa.
2. Pelatihan pemeliharaan kesehatan dan pengobatan alami
3. Desa bebas putus sekolah di mana warga desa yang putus sekolah akan diikutsertakan pada program kesetaraan Paket A (Setara SD), paket B (Setara SMP) dan paket C (setara SMA). 
4. Program budidaya kacang koro di mana kacang koro adalah kacang pengganti kedelai dengan banyak manfaat dan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dari kedelai.
5. Pelatihan di  bidang Pariwisata seperti pengelolaan homestay dan kursus bahasa inggris dan komputer.

Usulan program ini didukung dengan atusias oleh kepala desa. Meskipun demikian, kepala desa mengingatkan untuk membuat surat secara resmi dan merinci program apa saja yang akan dilakukan sehingga kepala desa akan sosialisasikan ke warga desanya.