Bersih-Bersih Desa dan Pantai

Bersih-bersih pantai dan lingkungan desa adalah kegiatan yang cukup rutin dilakukan siswa-siswi SMA Pelita terlebih pada awal dan akhir semester. Target utama sampah yang dikumpulkan para siswa adalah sampah plastik yang terurai dalam jangka waktu sangat lama yang merusak pemandangan dan sudah tentu merusak lingkungan.

Setiap kali dilakukan bersih-bersih pantai dan lingkungan desa, minimal 10 karung sampah yang dikumpulkan kemudian dibawa ke sekolah untuk dimusnahkan.

Semester 2 tahun ajaran 2023/2024 ini direncanakan membuat program pengolahan sampah menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomis. Sampai plastik yang ditemukan di pantai, sungai dan di lingkungan perkampungan akan dibawa ke bank sampah di sekolah, dipilah-pilah kemudian diolah menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomis yang dapat membantu siswa dan juga sekolah.

Untuk sementara para siswa dilatih di workshop di desa Pulisan. Bilamana sudah memiliki peralatan sendiri maka proses pengolahan sampah dapat segera terlaksana.